KUALITAS PELAYANAN DULU DIUTAMAKAN BARU UNTUNG

Rabu, 30 Desember 2009

Seringkali seorang entrepreneur pemula melupakan hal ini sehingga banyak yang gagal dalam menjalankan bisnis. Mereka terlalu berorientasi pada profit dengan melupakan kualitas pelayanan untuk mendapatkan kepuasan pelanggan. Padahal konsep bisnis yang utama adalah pelayanan.
Dalam menentukan tujuan penndirian usaha, sebelum memulai bisnis merupakan salah satu kunci kesuksesan entrepreneur. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang pasti ingin meraih untung dari bisnis yang dijalankannya. Uang dalam nominal kerap jadi ukuran keberhasilan suatu usaha. Yang menjadi pertanyaan oleh setiap pengusaha seperti berapa omzet sekarang? Atau berapa laba per bulannya? Akan sering menghantui benak seorang pengusaha.


Akan tetapi dalam memulai bisnis seringkali kita terburu-buru untuk segera menghasilkan keuntungan tanpa memikirkan kualitas atau nilai tambah yang dihasilkan oleh usahanya. Meskipun bisa berhasil cara ini dapat didibaratkan bagai bangunan tanpa fondasi yang kokoh. Memfokuskan diri pada tujuan keuntungan tidak ada salahnya. Namun jangan lalai, untuk tujuan tersebut sebaiknya didefinisikan beberapa tujuan kecil sebagai jembatan agar dapat mencapai tujuan tersebut.
Contohnya, usaha yang bergerak di bidang makanan yang sangat berhubungan dengan pemuasan citarasa dan pelayanan yang baik bagi pelanggan. Dengan harapan, pelanggan yang puas akan kembali lagi bersama teman dan atau keluarga serta memberikan citarasa dan pelayanan yang baik bagi pelanggan. Dengan harapan pelanggan pelanggan yang puas akan datang lagi bersa teman dan atau keluarga serta memberikan informasi kepada orang lain.
Usaha di bidang online memerlukan isi artikel dan konten-konten yang menarik bagi pengunjung, sales letter disertai kualitas produk yang ditawarkan yang bermanfaat bagi pengunjung, hal ini otomatis akan meningkatkan traffic yang menjadi unsur penting dalam bisnis online
Suatu bisnis apapun yang baru tumbuh harus diawasi secara intensif pada masa awalnya, selain itu memerlukan ide kongkret untuk mempertahankan keuntungan usaha pada masa depan. Rencana yang jelas disertai riset pasar yang memadai dapat memininalisir kegagalan dan kerugian finansial
Usaha akan bergerak tumbuh, jika terus melakukan inovasi-inovasi bisnis, memperbaiki, dan mengembangkan produk serta pelayananya. Maka tidak ada ruginya, jika seorang pengusaha aktif mengikuti seminar atau pelatihan untuk meningkatkan pendapatannya.
Intinya usaha yang kita jalani, kita harus bekerja dengan sebaik-baiknya. Utamakanlah kualitas pelayanan agar pelanggan puas dengan produk dan atau jasa yang dihasilkan. Jika tujuan ini tercapai, yakinlah bahwa uang akan mengalir dengan sendirinya.


Comments

No response to “KUALITAS PELAYANAN DULU DIUTAMAKAN BARU UNTUNG”
Post a Comment | Posting Komentar (Atom)

Posting Komentar